Sehat Bugar Selalu

Selamat Datang di Sehat Bugar Selalu...

Milikilah gaya hidup sehat mulai saat ini. Dalam menjalani kehidupan yang penuh dengan tantangan dan peluang anda membutuhkan sebuah gaya hidup yang dapat menunjang aktifitas anda.

Oleh karena itu kami hadir untuk memberikan solusi gaya hidup yang sehat dan praktis, mudah untuk diaplikasikan dalam tren kehidupan masa kini serta menunjang semangat dan vitalitas hidup anda, menjadikannya lebih bergairah.

Salam sehat dan bugar...

Aerobik; Olaharaga Aerobik Dan Anaerobik



Pada dasarnya aerobik adalah bentuk olahraga dengan tujuan meningkatkan kebugaran seseorang yang mencakup kekuatan otot, fleksibilitas dan kesehatan kardio-vaskular.


Pengembangan dari metode olahraga khusus ini disebut aerobik, dicetuskan oleh Dr Kenneth Cooper dan Col. Pauline Potts. 


Didasari oleh orang-orang dengan kekuatan otot yang sangat baik namun berkinerja sedemikian buruk dalam tugas fisik sederhana seperti berjalan, berlari, berenang atau bersepeda. Maka Dr Cooper mulai mengukur kemampuan orang untuk menggunakan oksigen dalam melakukan kegiatan fisik tersebut. 

Kemudian, ia menerbitkan sebuah buku yang memberikan metode latihan yang menjadi dasar untuk program-program aerobik modern saat ini. 

Olahraga aerobik 
   
Dalam arti harfiah, "aerobic" berarti "dengan oksigen". Yakni penggunaan oksigen dalam pembuatan energi seperti yang dilakukan oleh otot-otot. 

Olahraga aerobik adalah setiap jenis kegiatan fisik yang dilakukan pada tingkat intensitas sedang untuk jangka waktu tertentu. Dalam hal ini, oksigen digunakan untuk "membakar" lemak dan gula untuk menghasilkan adenosin trifosfat yang merupakan pembawa dasar dari energi di tingkat sel. 

Agar lemak dapat terbakar sempurna selama latihan fisik, perlu oksigen. Moderasi yang diperlukan dalam sebuah latihan aerobik memungkinkan sel otot untuk terus disuplai dengan oksigen yang cukup. 

Contoh kegiatan aerobik salah satunya adalah berjalan jarak jauh dengan kecepatan sedang. (Berlari bukanlah latihan aerobik). 

Bermain tenis tunggal dianggap sebagai kegiatan aerobik karena grakannya yang kontinyu. 

Namun, golf dan tenis ganda tidak dianggap sebagai kegiatan aerobik, karena mereka lebih sering istirahat. 

Aerobik 

Aerobik adalah istilah umum yang digunakan untuk latihan yang menggabungkan beberapa elemen olahraga aerobik, peregangan, dan pelatihan kekuatan dengan tujuan utama meningkatkan kemampuan (fleksibilitas, kebugaran kardiovaskular, dan kekuatan otot) seseorang.

Dipopulerkan oleh selebriti dan guru olahraga selebriti, latihan aerobik biasanya dilakukan dengan musik dan dengan kelompok. Biasanya, ada instruktur yang memimpin gerakan dan isyarat dari perubahan gerakan olahraga. 

Aerobik saat ini telah berkembang menjadi sesuatu yang dilakukan dengan berbagai gerakan seperti beberapa gerakan tari yang mirip dengan gerakan olahraga. 

Selain itu, kelas aerobik sekarang dibagi ke dalam beberapa tingkatan intensitas dan kompleksitas. 

Pusat kebugaran dan olahraga juga menawarkan berbagai kelas aerobik untuk semua orang. Kelas-kelas ini diajarkan oleh instruktur bersertifikat. Mereka terkadang memiliki daerah dan tingkat khusus terkait instruksi. 

Olahraga anaerobik 
  
Olahraga anaerobik ("tanpa oksigen") adalah kebalikan dari olahraga aerobik ("dengan oksigen"). Keduanya, aerobik dan anaerobik, lebih menggunakan energi selama melakukan aktivitas fisik. 

Olahraga anaerobik biasanya berkaitan dengan tahap awal dari olahraga, atau semacam rentetan pendek dari pengerahan tenaga intens, dimana glikogen atau gula dikonsumsi tanpa oksigen. 

Olahraga ini ditandai dengan peningkatan kecepatan atau dengan usaha yang lebih besar. 

Olahraga anaerobik membakar lebih banyak kalori, membutuhkan oksigen yang lebih besar dimana oksigen tersebut tidak tersedia dalam jumlah yang cukup untuk sel-sel dalam membakar lemak. 

Oleh karenanya gerakan anaerobik menyebabkan peningkatan laju metabolisme tubuh. 

Untuk tubuh yang selalu sibuk, aerobik pasti bisa membantu memperkuat otot-otot tubuh Anda dan juga jantung Anda, ketahanan fisik, dan membantu meningkatkan sirkulasi darah secara keseluruhan. 

5 comments:

cha qyute said...

nice articel :)

yakuza (mohd hazwan ya @zakaria) said...

boleh sy tau rujukan artikal ni dari mn n siapa penulis nya?

jauharotul maknunah said...

Salam kenal, Gan,,,
Artikelnya bagus nih,,, Kalau boleh tau nih, Ada ga gerakan aerobik sederhana yang bisa dilakukan di kantor.. ?? Mengingat waktu kerja yang padat nih,,, Ohya ada juga g ya baju senam wanita yang baik dikenakan saat olahraga tersebut?
-Thanks & Sukses Selalu-

Milla Rahmah said...

salam kenal gan. . . .
sangat bagus dan sangat membantu sekali artikelnya. saran saya kalau mau senam pakai baju senam Crystal biar tambah oke. ^^

indra sukmawati said...

Bagi agan-agan dan sista-sista yang lagi nyari baju senam terbaru, cek aja di www.bajusenamgrosir.com, saya jamin kagak bakal kecewa deh.. Selamat berkunjung :)

Post a Comment

 
Free Host | lasik surgery new york | cpa website solutions