Sehat Bugar Selalu

Selamat Datang di Sehat Bugar Selalu...

Milikilah gaya hidup sehat mulai saat ini. Dalam menjalani kehidupan yang penuh dengan tantangan dan peluang anda membutuhkan sebuah gaya hidup yang dapat menunjang aktifitas anda.

Oleh karena itu kami hadir untuk memberikan solusi gaya hidup yang sehat dan praktis, mudah untuk diaplikasikan dalam tren kehidupan masa kini serta menunjang semangat dan vitalitas hidup anda, menjadikannya lebih bergairah.

Salam sehat dan bugar...

Jenis-Jenis Aerobik

Aerobik adalah salah satu jenis olahraga yang paling populer di masayarakat. 

Penggunaan musik, tari, peralatan dan fasilitas lainnya telah memberikan kontribusi terhadap popularitasnya. 

Aerobik adalah olahraga yang bertujuan untuk meningkatkan denyut jantung untuk jangka waktu tertentu. Dengan begitu tubuh akan memiliki asupan oksigen yang lebih tinggi yang baik untuk sirkulasi darah, penurunan berat badan, pembakaran kalori dan lemak yang lebih cepat.

Ada juga aktivitas fisik yang lain yang bisa dianggap sebagai latihan aerobik, seperti berenang, berlari, berjalan, jogging, dan bersepeda. 

Latihan aerobik dimulai dengan 5 sampai 10 menit pemanasan. Lalu diikuti dengan gerakan olahraga yang sebenarnya, yang berlangsung sekitar 20-30 menit. Dan terakhir adalah proses pendinginan. 

Ada beberapa jenis aerobik yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan individu. Keterampilan, kesehatan dan kenyamanan adalah hal-hal yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu. Beberapa dari jenis tersebut diantaranya adalah: 

  • Aerobik beresiko rendah (low-impact aerobics) 

Sesuai namanya, low-impact tidak mencakup kegiatan yang dapat membahayakan tulang dan sendi seperti melompat dan terpental. Gerakan yang dilakukan memiliki intensitas yang lebih rendah, sehingga mengurangi risiko cedera. 

Dalam olahraga ini, satu atau kedua kaki harus selalu menyentuh lantai. 

Dengan olahraga low-impact, Anda tidak perlu langsung memulainya pada tingkat yang tinggi. Anda bisa mulai melakukannya di tingkat yang lebih lambat dan akan meningkat secara bertahap. 

Aerobik low-impact sangat ideal untuk manula, penderita obesitas dan kelebihan berat badan serta wanita hamil. 

  • Aerobik beresiko tinggi (high-impact aerobics

Aerobik high-impact menggunakan gerakan yang berbeda, seperti gerakan melompat, berputar, menyeret, penggandaan, dll. Gerakan semacam ini dimaksudkan untuk membangun daerah perut, betis, dan juga sistem kardiovaskular. 

Bagi Anda yang lincah dan aktif, maka aerobik high-impact mungkin pilihan yang terbaik. Tapi jika Anda seorang pemula, maka dianjurkan untuk mengikuti aerobik low-impact

Perlu diingat bahwa saran dokter sangatlah penting!

  • Step aerobik 

Step aerobik menggunakan bangku pijakan (step bench) dalam pelaksanaannya. 

Jenis aerobik seperti ini beresiko rendah. 

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa step aerobics dapat membantu seseorang dalam mengurangi berat badan, mengingat fakta bahwa dampaknya hanya setengah dari dampak yang timbul ketika bersepeda. 

Secara keseluruhan, proses atau olahraga ini didedikasikan untuk kekuatan tubuh bagian bawah. 

  • Aerobik kickboxing 

Ini adalah salah satu olahraga yang paling efektif untuk menurunkan berat badan. 

Meskipun, aerobik kickboxing melelahkan, tapi dampaknya pada tubuh sangatlah besar. 

Olahraga ini jelas bisa membantu dalam membangun lebih banyak energi dan stamina yang lebih lama. Aerobik kickboxing dapat membakar sekitar 800 kalori dalam satu jam. 

  • Aerobik air (water aerobics)

Ada lagi aerobik yang beresiko rendah namun memberikan hasil yang besar, baik untuk penurunan berat badan maupun meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, yakni aerobik air. 

Menurut para ahli, aerobik yang satu ini membakar kalori lebih cepat dibandingkan dengan olahraga yang menyentuh lantai karena gerakannya melawan kekuatan air. 

7 comments:

cucuharis said...

Sip, terus tebarkan info menyehatkan

John Murdock said...

mantaff, makasih sarannya, eh sudah lama nih sy ndak jln2 ke lapaknya cucuharis :D

nur tika wati said...

i am like kebudaran

jauharotul maknunah said...

Salam Kenal gan,,,
Artikelnya bagus nih...
Kalau boleh tau, untuk menjaga berat badan kita pasca melahirkan, olahraga apa yang disarankan? dan ada ga toko baju senam yang menyediakan baju senam murah berkuallitas tinggi?

-Thanks-

ivan verys said...

Thanks ya sob udah share .............




biro tiket pesawat

bayu anggara said...

mantep nich infox kawan,,,,,
oy tp dimana ya tempat jual baju senam terbaru via online???

q soalx gmw ribet kawan,,,,

indra sukmawati said...

Kebetulan nih gan, saya punya referensi toko online yg baju senam terbaru, saya jamin gan kagak bakal rugi ataupun kecewa :), klik aja link ini toko baju senam

Post a Comment

 
Free Host | lasik surgery new york | cpa website solutions