Sehat Bugar Selalu

Selamat Datang di Sehat Bugar Selalu...

Milikilah gaya hidup sehat mulai saat ini. Dalam menjalani kehidupan yang penuh dengan tantangan dan peluang anda membutuhkan sebuah gaya hidup yang dapat menunjang aktifitas anda.

Oleh karena itu kami hadir untuk memberikan solusi gaya hidup yang sehat dan praktis, mudah untuk diaplikasikan dalam tren kehidupan masa kini serta menunjang semangat dan vitalitas hidup anda, menjadikannya lebih bergairah.

Salam sehat dan bugar...

Step Aerobik

Aerobik, dikembangkan oleh Dr Kenneth Cooper pada awal tahun tujuh puluhan, telah menjadi salah satu olahraga yang saat ini paling banyak dilakukan.

Pada dasarnya aerobik (harfiah "dengan oksigen") adalah bentuk latihan yang digunakan meningkatkan kebugaran seseorang dalam hal kekuatan otot, fleksibilitas dan kesehatan jantung.

Salah satu bentuk aerobik yang populer saat ini disebut step aerobik, diperkenalkan pada awal 90-an. Bentuk baru ini merupakan inovasi dari gerakan aerobik terdahulu, dimana pemain aerobik akan melangkah dari waktu ke waktu.

Tingkat pijakan (biasanya dimulai dengan 120 per menit) dan tinggi dari langkah kaki (6 sampai 8 inci) disesuaikan dengan kebutuhan olahraga dan pengalaman penggunanya. Aerobik ini setara dengan orang-orang yang melakukan gerakan yang lebih intens, tetapi tidak merusak sendi.

Dasar gerakan

Langkah dasar melibatkan satu kaki melangkah pertama dan kemudian yang lain mengikuti, dan melangkah di atas lantai dengan menggunakan urutan yang sama dengan gerakan kaki. Ada kesepakatan umum di kalangan pencinta aerobik bahwa "dasar yang benar" adalah melangkah dengan kaki kanan, lalu kiri, dan kemudian mengundurkan diri ke lantai dengan kaki kanan diikuti dengan kaki kiri.

Untuk variasi, instruktur mengubah gerakan yang berbeda di dalam urutan, seperti mengubah dari "kanan ke kiri" menjadi "kiri ke kanan". Biasanya, hal ini dilakukan dengan cara "menekan" kaki, bukan menyeret.

Bentuk lain dari step aerobik adalah "tap-free" atau langkah yang halus. Hal ini dilakukan dengan kaki selalu bolak-balik tanpa rasa bingung. Tap-free terkadang bisa menyulitkan peserta yang baru belajar aerobik.

Instruktur biasanya berencana terlebih dahulu kapan harus memasukkan perubahan langkah yang tetap mempertahankan ritme alami bergerak untuk mensimulasikan pergeseran bobot pada kedua kaki sama seperti ketika berjalan.

Dari dasar-dasar sebelumnya, instruktur mungkin menyelipkan sebuah "knee-up" (mengangkat lutut dan saat mengembalikannya diikuti dengan perpindahan kaki yang lain) dan dilanjutkan dengan dasar-dasar melangkah dengan kaki kiri.

Sesi

Biasanya, satu sesi disiapkan oleh instruktur, terdiri dari berbagai gerakan dengan jangka waktu yang berbeda. Ini dilaksanakan bersama-sama oleh seluruh kelas dan biasanya hitungannya sampai 32 bit per set. 

Hal ini dilakukan sedemikian rupa sehingga keseluruhan rangkaian dapat lebih hidup dan diulangi lagi di kaki yang lain, seperti cermin.

Kelas tingkat dasar memiliki gerak dasar sederhana. Kelas yang lebih tinggi tingkatannya kadang-kadang memasukkan unsur-unsur tari seperti berputar dan stomps serta gerakan lainnya.

Segala jenis unsur dirangkai dalam dua sampai tiga gerakan per kelas. Kebanyakan instruktur menawarkan beberapa pilihan untuk setiap orang berdasarkan intensitas atau kemampuan menari selama kelas berlangsung.

Manfaat

Step aerobik membantu membakar kalori dan menjaga berat badan. Jumlah kalori yang terbakar tergantung pada intensitas, kecepatan dan durasi latihan aerobik.

Step aerobik membantu dalam hal daya tahan tubuh, mencegah penyakit jantung, dan meningkatkan kelincahan dan keseimbangan. Hal ini juga memberikan pelatihan fleksibilitas untuk meningkatkan gerakan sendi.

Terakhir, step aerobik membantu menjaga kesehatan mental dengan baik karena latihannya yang menyenangkan, serta menghilangkan stres. Dengan cara berkelompok, kehidupan sosial seseorang juga akan meningkat.

0 comments:

Post a Comment

 
Free Host | lasik surgery new york | cpa website solutions